cara memulai bisnis afiliasi

Bisnis Afiliasi (3 Bisnis Afiliasi Terbaik Yang Bisa Kamu Jalani)

Bisnis Afiliasi – Tahukah Kamu, begitu banyak peluang mencari uang dari internet yang salah satunya adalah bisnis afiliasi.

Bisnis afiliasi merupakan salah satu bisnis kesukaan saya. Kenapa?

Karena dilihat dari modal memulainya yang sangat kecil namun potensi penghasilan yang tanpa ujung. Namun harus diakui, bukan berarti bisnis afiliasi dikerjakan tanpa perjuangan. Yaaaa kalau mau cara cepat dapat uang tanpa usaha nuyul aja kali ya.

Nah di artikel ini saya mau sharing apa itu bisnis afiliasi, bagaimana cara menjalankan bisnis afiliasi serta 3 bisnis afiliasi terbaik yang bisa langsung kamu jalani untuk mendapatkan komisi.

Apa Itu Bisnis Afiliasi?

Apa itu bisnis afiliasi? Poinnya sih bisnis afiliasi ini mirip-mirip bisnis calo. Tapi dalam arti positif ya. Kita sebagai affiliate marketer akan mempertemukan produk dari si creator kepada orang-orang yang mau membeli produknya dengan potensi komisi setiap penjualan terjadi.

Asiknya di bisnis afiliasi, hampir semua pekerjaan kita lakukan dari depan laptop atau komputer. Karena yang perlu kita lakukan hanyalah mendaftar di vendor afiliasi, mendapatkan link afiliasi kemudian sebar link tersebut untuk mendapatkan penjualan.

cara kerja bisnis afiliasi

Di dunia IT, ada istilah yang di kenal dengan Cookie. Poinnya, setiap website bisa tahu darimana asal trafik yang mereka dapatkan dari Cookie ini.

So apabila ada orang yang mengklik link afiliasi kita kemudian mereka membeli produk, maka secara otomatis kita akan mendapatkan komisi.

Vendor product sendiri bisa berupa marketplace, pribadi maupun website yang khusus menjual produk mereka dan kita bisa menjadi affiliate marketer.

Vendor ini akan memberikan kita yang mendaftar sebagai affiliate marketer akan memberikan link unik sesuai dengan ID kita masing-masing.

Boleh dibilang, bisnis afiliasi ini adalah salah satu model bisnis paling mudah mendatangkan penghasilan untuk orang-orang yang baru mulai di industri bisnis online.

Selain itu, apabila Kamu sudah menguasai seluk beluk cara berbisnis afiliasi, bukan tidak mungkin akan mendapatkan penghasilan pasif dalam jumlah yang besar.

Tapi, sekali lagi, semua tetap harus dengan perjuangan ya. Tidak bisa sehari jadi.

3 Bisnis Afiliasi Terbaik Di Indonesia

Ada 3 bisnis afiliasi terbaik yang bisa Kamu mulai dan memiliki potensi penghasilan yang besar.

1. Ratakan

Ratakan.com adalah marketplace nya para digital marketer. Lebih dari 1700 produk yang bisa kita pasarkan sebagai Affiliate Marketer.

Selain itu, produk-produk ini pun memiliki high demand atau banyak yang mau. Dan, yang paling utama, daftarnya gratis.

Saya sendiri sudah membuat artikel khusus untuk Ratakan ini panjang lebar. Bisa kesini ya: Afiliasi Ratakan (3 Tips Menjalankan Bisnis Afiliasi Ratakan)

2. Billionaire Coach

bisnis afiliasi

Semakin hari pengguna internet di Indonesia makin bertumbuh. Disinilah Billionaire Coach mengambil peluang.

Dengan salah satu foundernya master Copywriting Kang Dewa Eka Prayoga, dibuatlah platform pelatihan berbagai pengetahuan secara online atau yang disebut ecourse.

Mengapa ini saya rekomendasikan untuk Kamu, karena kebutuhan akan pelatihan-pelatihan seperti ini sangatlah besar. Sehingga, apabilan Kamu menjadi affilaite marketer di Billionaire Coach, akan cukup mudah untuk menjual produk mereka.

Dan, ini yang paling penting, Kamu juga bisa membeli berbagai pelatihan dengan harga yang terjangkau.

Oh iya, untuk menjadi affiliate marketer Kamu tidak perlu membeli pelatihan mereka kok.

Daftar gratis disini ya: Billionaire Coach

3. SB1M Affiliate Warrior

Nah ini sih yang paling menarik diantara ketiga lainnya menurut saya. Kenapa?

Sebelum saya menjawab kenapa, tahukah Kamu bisnis model yang dijalankan oleh layanan seperti IM3 atau Telkomsel dan sejenisnya?

Jawabnya adalah subscription atau layanan berlangganan. Dengan bisnis model seperti ini dari satu pelanggan mereka akan mendapatkan penghasilan berulang-ulang karena pastinya kita sebagai pengguna akan mengisi pulsa atau mendaftar paket internet bukan?

Seperti itu juga program Affiliate Warrior yang dijalankan oleh SB1M, sistem membership edukasi bisnis digital.

Ibarat Netflix yang berlangganan untuk bisa nonton film-film, ini berlangganan untuk bisa mendapatkan materi bagaimana caranya membangun kerajaan bisnis didunia online. Mantap kan?

Lalu dimana posisi kita sebagai Affiliate Marketer?

Rekomendasikan program Warrior Affiliate ini kepada siapapun dan dimanapun, setiap kali ada yang mendaftar dari link affiliate kita, maka kita akan mendapatkan komisi seterusnya selama mereka masih melanjutakan belajar di SB1M.

Setiap affiliate akan mendapatkan 33% komisi dari berlangganan SB1M sebesar Rp375.000 per 3 bulan. Itu artinya, setiap kali ada yang mendaftar Kamu akan mendapatkan sekitar Rp.120.000. Ini dari satu orang yang berlangganan.

Coba bayangkan Kamu mendapatkan 10 orang. Artinya per 3 bulan Kamu akan memiliki komisi: Rp1.200.000!

Diseriusi dan digeluti, bukan tidak mungkin Kamu akan mendapatkan 100 orang berlangganan yang artinya Kamu mendapatkan penghasilan Rp12.000.000 per 3 bulan.

Goals dari program Warrior Affiliate SB1M ini adalah untuk para membernya memiliki pasif income dari bisnis affiliate. Sehingga apabila Kamu sudah mendapatkan 1000 orang yang berlangganan. Itu artinya kamu memiliki penghasilan pasif income Rp120.000.000 per 3 bulan!!!!

Bukan tidak mungkin. Karena semua ilmu yang diberikan oleh para mentor disini adalah kisah asli, nyata dan yang sudah dilakukan orang-orang yang berhasil.

So, untuk Kamu yang tertarik dengan Warrior Affiliate SB1M ini, gabung disini: Warrior Affiliate SB1M

Cara Memulai Bisnis Afiliasi

cara memulai bisnis afiliasi

Untuk memulai bisnis afiliasi bisa dibilang disesuaikan saja dengan budget Kamu saat ini. Bisa benar-benar gratis atau tanpa modal sekali, bisa juga berinvestasi dengan membuat website dan lain sebagainya apabila Kamu memang niat mendapatkan hasil besar.

Singkatnya sih ada 3 langkah Kamu bisa menjadi affiliate marketer:

  1. Mendaftar ke vendor untuk menjadi affiliate marketer.
  2. Ambil link afiliasi Kamu.
  3. Sebar Link afiliasi tersebut sebanyak-banyaknya.

Sebenarnya permasalahan utamanya bukan cara mendaftar ke vendor ataupun mendapatkan link afiliasi. Tantangan pertama Kamu sebagai affiliate marketer adalah bagaiman caranya mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya ke link afiliasi Kamu.

Ada 3 cara yang bisa Kamu lakukan untuk mendatangkan banyak traffic masuk ke link afiliasi Kamu dan mendapatkan banyak komisi.

Dengan Cara Spaming

Yep, Kamu tidak salah dengar. Kita akan spaming link afiliasi ke berbagai sosial media. Inilah cara yang saya sendiri lakukan saat pertama kali menjalani bisnis afiliasi.

Alasannya satu: Murah tanpa modal haha.

Jadi setelah Kamu mendapatkan link afiliasi dari suatu produk yang mau Kamu jual, percantik link tersebut dengan menggunakan Bitly.

Tools ini adalah untuk memperpendek dan mempercantik link afiliasi Kamu. Karena kalau masih bentuk asli, biasanya link afiliasi akan sangat panjang dan tidak enak dilihat.

Jika sudah dipercantik, maka sebar link tersebut di akun-akun sosial media Kamu seperti Facebook, Whatsapp, Instagram atau apapun yang Kamu punya.

Bisa juga Kamu bagikan link ke grup-grup Facebook jualan. Tapi pastikan diizinkan admin untuk menyebar link atau produk ya. Tetap jaga etika bisnis kita.

Kurang lebih sih yang Saya lakukan seperti ini.

Pertama, buat akun Facebook kloningan alias boongan. Saat pertama kali saya memulai, Saya membuat 10 akun Facebook pribadi. Tentunya ini harus menggunakan no SIM aktif untuk verifikasi OTP ya. Facebook sudah makin ketat dengan akun-akun dummy seperti ini

Kedua, add friends sebanyak-banyaknya. Setiap hari maksimal 50 ya. Karena jika lebih dari itu Facebook akan memblokir akun kita untuk menambah pertemanan. Nah, 3 bulan pertama yasudah kerjaan saya add friends akun-akun Facebook kloningan tersebut.

Ketiga, jika akun Facebook tersebut setidaknya sudah mendapatkan 1000 teman, maka dimulailah spaming link afiliasi yang Saya punya.

Kenapa harus membuat akun kloning Facebook?

cara memulai bisnis afiliasi

Jawabnya karena algoritma Facebook yang hanya postingan kita hanya ke 2% dari pertemanan yang kita punya. Jadi hitungannya seperti ini:

Satu akun memiliki 1000 pertemanan, itu artinya apabila Kamu punya 10 akun maka total ada 10.000 pertemanan dari semua akun kloning tersebut.

Artinya sekali posting di 10 akun tersebut, akan ada: 10.000 x 2% = 200 orang yang akan melihat postingan link afiliasi yang akan kita sebar.

Yaaaa kali sih dari 200 orang gak ada yang akan membeli dari link afiliasi kita. Tinggal diperbaiki saja bentuk postingannya.

Memang cara seperti ini butuh waktu, tenaga dan kesabaran ya untuk add friends terus. Tapi tenang, ada solusi untuk Kamu.

Sekarang sudah banyak tools bersebaran diluar sana bagi para affiliate marketer untuk melakukan hal-hal seperti ini secara otomatis. Misalnya Otoleads.

Otoleads memiliki banyak fitur untuk Facebook. Seperti auto add friends, yep auto add friends atau menambah teman akun Facebook kita secara otomatis.

Jadi akan amat sangat mempermudah pekerjaan Kamu apabila memang ingin menjalani bisnis afiliasi dengan cara spaming ini.

Cek Otoleads disini: Otoleads

Dengan Cara Beriklan

bisnis afiliasi dengan beriklan

Next step dalam memulai bisnis afiliasi adalah dengan cara beriklan. Berbeda dengan cara spaming, cara ini butuh modal.

Yaaaa walaupun modalnya masih terjangkau sih menurut saya.

Modal tersebut Kamu gunakan untuk: Membeli page builder dan beriklan di Facebook.

Page Builder adalah tools praktis untuk membuat halaman website Kamu. Dengan tools ini Kamu gak perlu lagi repot-repot belajar coding website yang sulit. Tinggal drag and drop saja.

Nah page builder yang saya rekomendasikan adalah Snapixa

Snapixa memiliki berbagai template yang siap bisa Kamu langsung pakai untuk beriklan. Jadi fokus kita di bisnis afiliasi dengan cara beriklan ini adalah BERIKLANNYA, bukan membuat website nya karena sudah dibantu oleh Snapixa.

Dari website yang sudah kita buat dengan page builder tersebut, masukkan link affiliate Kamu di halaman website yang sudah Kamu buat.

Nah baru deh beriklan dengan Facebook dengan tujuan mendapatkan traffic datang ke Webiste Kamu tersebut. Jadi langkahnya kurang lebih seperti ini:

  • Buat halaman website dengan Snapixa
  • Sematkan link affiliate di website
  • Iklankan halaman website dengan Facebook Ads

Saya sudah bahas lengkap bagaimana cara bisnis afiliasi dengan beriklan ini di video berikut. Cekidot.

Banyak yang bertanya ke Saya mengapa kita tidak mengiklankan saja langsung link affiliate di Facebook?

Jawabnya, karena ini dilarang oleh Facebook. Facebook kurang suka dengan link affiliate sehingga mereka meng-update policy dengan melarang link affiliate untuk diiklankan.

Dengan Funnel Marketing

bisnis afiliasi dengan funnel marketing

Nah ini dia, jurus sakti mandraguna-nya para master affiliate marketing. Funnel marketing ini biasa juga dikenal dengan teknik list building.

Jadi tujuan utama dari Funnel Marketing ini adalah dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya email dari para pengguna dimana mereka memberikan email tersebut dengan sukarela.

Caranya?

Sudah saya bahas juga di video berikut, karena tulisan saja tidak akan bisa menggambarkan hebatnya teknik ini haha. Kidding.

Dengan teknik funnel marketing ini, saat list Kamu sudah ribuan, maka penghasilan pastinya juga sudah sangat besar. Seorang affiliate marketer kawakan biasanya sudah memiliki lebih dari 5000 list email di database mereka.

Yang dengan database sebesar itu, apabila mereka melakukan penawaran melalui email, penghasilan 10-20juta hampir pasti ditangan. Kalau mau lebih besar? Ya tambah lagi database list-nya.

So, untuk Kamu yang memang mau serius dengan teknik funnel marketing ini, lihat videonya ya.

Kesimpulan

Bisnis afiliasi merupakan salah satu bisnis online yang memiliki potensi penghasilan besar. Namun bukan berarti Kamu tidak harus bekerja sama sekali ya. Semua tetap harus ada perjuangan untuk membangunnya. Ya kan namanya aja bisnis.

So, untuk Kamu yang ingin serius di bisnis afiliasi ini. Bisa menjalani dengan 3 cara diatas. Sesuaikan dengan yang Kamu senang jalani seperti apa dan tentunya, disesuaikan dengan budget juga ya.

Program afiliasinya tinggal pilih dari 3 yang sudah saya sebutkan. Rekomendasi ketiganya bukan asal, karena saya pun sampai saat ini masih menjalani ketiga bisnis afiliasi mereka.

Salam sukses. Eit, jangan lupa share untuk mendukung lebih banyak lagi artikel semacam ini ya hehe

baca juga: Cara Benar Menjalankan Bisnis Afiliasi

Tag: Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top