peraturan beriklan di facebook

Facebook Marketing: 5 Tips Yang Menghasilkan

0
(0)

Facebook marketing kian berubah pesat dari masa ke masa, jika Anda rutin memakai facebook untuk berjualan, tentu Anda akan menyadarinya.

Bahkan panduan-panduan facebook marketing yang sukses di tahun-tahun sebelumnya, kemungkinan besar kini sudah tak berlaku lagi.

Lebih parahnya, bahkan bisa merugikan, pergerakan informasi online di tanah air sekarang ini bisa dikatakan lebih lambat dibandingkan di negara luar, sehingga panduan yang masih kadaluarsa pun masih sering dijumpai.

Dan tahukah Anda, algoritma facebook sekarang hanya menyajikan postingan grup dan personal kepada hanya 2% pemirsa saja!! (teman dan anggota grup).

Itu artinya, jika pertemanan Anda sudah maksimal di akun facebook pribadi Anda (5000 teman), setiap kali Anda posting artinya hanya sekitar 100 orang yang melihat update postingan Anda.

Kecuali jika Anda mendapatkan Like dan Comment yang cukup banyak disetiap postingan tersebut.

Mengapa?hal ini tentu agar kita menggunakan fasilitas Facebook Ads. So, siapa cepat menguasai ilmu satu ini tentu dapat menguasai pasar Facebook

belajar facebook marketing

Facebook Marketing Adalah cara beriklan paling efeketif jika kita menguasainya.

Mengapa?

Dalam facebook marketing, ada dua jenis cara yang dilakukan: organic dan berbayar.

Facebook organic, cara konvensional yang biasanya kita lakukan yaitu update status, posting di grup-grup maupun halaman jualan.

Namun sayangnya seperti saya katakan diatas, cara ini sudah semakin terkikis oleh algoritma Facebook itu sendiri.

Pada akhirnya Facebook ingin kita beriklan. Karena sumber pendapatan mereka berasal dari iklan berbayar para online marketer yaitu kita.

Pendapatan Facebook dari Online Marketer

Jika Anda tidak ingin melakukan iklan di facebook atau hanya ingin mengandalkan Facebook organic, Ada beberapa tips agar hasil penjualan Anda maksimal.

Pertama, jangan terlalu spam dengan jualan-jualan Anda. Secara psikologis, kita senang membeli namun tidak senang dijuali.

“People don’t like advertisement but like to buy”

Manfaatkan Facebook sebagaimana tujuan ia diciptakan yaitu sebagai social media (media sosial) tempat bersosialisasi dan bukan sales media (media jualan)

Lalu sering-sering lah berinteraksi dalam postingan teman Facebook Anda baik dengan memberi Like maupun berkomentar.

Kedua, rotasikan postingan Anda dalam satu hari seperti ini: satu postingan tentang keluarga atau kehidupan Anda, satu postingan video lucu (dapat dicari di 9gag maupun 1cak), satu postingan story telling tentang produk Anda (bukan jualan) dan satu postingan benar-benar berjualan.

Dalam satu hari minimal empat postingan seperti ini harus ada untuk meningkatkan interaksi teman-teman kita di Facebook.

Ketiga, buat Facebook Fanpage. Untuk orang-orang yang sudah mau membeli produk Anda, arahkan mereka untuk Like fanpage yang sudah Anda buat. Karena dari sana akan terjadi repeat order para pembeli.

Lalu bagaimana untuk facebook marketing dengan cara beriklan. Ada beberapa tips dan hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu agar strategi beriklan di Facebook menjadi lebih maksimal:

1.Menemukan Page-Page dari Brand Kompetitor Anda di Facebook

Kebanyakan, para pemula yang baru belajar facebook ads, asal membuat iklan saja. Walaupun target market dirasa sudah tepat, namun kita harus tahu apa yang dilakukan kompetitor kita untuk memaksimalkan penjualan.

Untuk itu, cara paling efektif untuk belajar yaitu dengan cara melihat lalu meniru apa saja yang efektif dilakukan dalam usaha Anda dengan melihat page-page saingan Anda.

Investasikan waktu Anda untuk mempelajari bagaimana beriklan di Facebook dan tingkatkan penjualan berkali-kali lipat 🙂

2.Buat Facebook Fanpage Yang Menarik

Pada facebook marketing, page ibarat toko Anda. Jika toko tersebut jelek, tentu tak akan ada calon konsumen yang datang. Pertama-tama, Anda membuat halaman facebook terlebih dulu. Lalu pilih kategori paling tepat, sebab beda kategori tentu saja fitur yang ditawarkan pun akan berbeda.

Jika Anda masih belum merasa yakin, bisa lihat kategori dari page saingan Anda. Kemudian masukkan nama produk/brand Anda.

Selanjutnya lengkapi profil mulai dari deskripsi, URL, cover, foto berikut keterangan lainnya. Saat baru membuat sebuah page, maka Anda akan diminta memasang iklan secara langsung.

Akan tetapi, ini belum saatnya untuk memasang iklan. Meskipun demikian, Anda dapat memasukkan data-data calon konsumen Anda sekarang.

3.Kenali dan Tentukan Target Pasar Anda

Inilah salah satu kelebihan Facebook ads. Anda dapat menentukan target sesuai keinginan Anda.

Di dunia pemasaran, Anda tentu sudah paham jika menargetkan sekelompok calon konsumen tentu lebih efektif dibandingan yang sifatnya terlalu umum. Selain itu, sulit menciptakan strategi yang ampuh bagi semua kalangan.

Hal tersebut akan berguna ketika Anda menciptakan sebuah konten. Selain itu, kesalahan paling fatal dalam hal ini umumnya memakai bahasa yang kurang pantas untuk target pasar mereka sendiri.

Pada fasilitas Facebook Ads, Anda dapat dengan mudah mentarget siapa customer Anda sehingga konversi penjualan akan sangat jauh lebih tinggi.

Misal Anda menjual Hijab, itu artinya Anda dapat langsung mentarget wanita, suka belanja, bahkan Anda dapat menentukan range usia dan daerah mereka tinggal.

4.Optimasi Website

Apabila Anda berbicara mengenai facebook marketing, seharusnya saat ini Anda sudah memiliki website sendiri. Jika belum, sebaiknya segera buat.

Kemudian jika Anda sudah memiliki website, sebaiknya lakukan optimasi website agar gambar iklan lebih tepat, memiliki deskripsi dan judul yang menarik dan resolusi gambar yang dihasilkan pun berkualitas.

Hal tersebut dilakukan agar visitor yang berkunjung ke situs Anda semakin banyak. Maka dari itu, terdapat beberapa macam meta tag yang wajib dipasang dalam website Anda. Lebih tepatnya pada bagian <head>.

Pengunjung website Anda kemudian akan mejadi aset paling berharga, mengapa?

Facebook memiliki fitur bernama Facebook Piksel yang dapat mentarget kembali pengunjung untuk penjualan Anda.

5.Memahami Cara Pembuatan Post yang Berkualitas di Facebook

Dalam trik facebook marketing, Anda tak dapat membuat post yang terlalu banyak untuk sehari. Hal tersebut dikarenakan, post yang melebihi 1 kali dalam sehari akan menerima like lebih sedikit.

Selain itu, setiap post yang diupdate di facebook harus berkualitas, tentu sulit membuat postingan yang berkualitas selama 1 hari. Sebagai solusinya setiap post yang Anda buat harus benar-benar dipikirkan secara matang.

Baca Juga: 5 Tips Memaksimalkan Facebook Fans Page

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan kepada temanmu 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GRATIS WEBINAR!!

DAN tutorial internet marketing selama 3 tahun