cara memulai bisnis afiliasi

3 Cara Memulai Bisnis Afiliasi

Cara Memulai Bisnis Afiliasi – Bisnis afiliasi rasa-rasanya di Indonesia saat ini sedang berkembang ya. Selain memang cukup mudah untuk memulainya, bisnis afiliasi memberikan potensi penghasilan tanpa batas untuk Kamu.

Ingat ya, yang mudah itu memulainya, bukan mengembangkannya. Sama seperti bisnis-bisnis yang lain, bisnis afiliasi butuh waktu dan tenaga agar bisa sustainable dan menghasilkan uang besar.

Tapi memang asiknya, menjalankan bisnis afiliasi kebanyakan tanpa perlu keluar rumah, modal laptop dan quota.

Di artikel kali ini saya mau sharing 3 Cara Memulai Bisnis Afiliasi dan bagaimana cara mengembangkannya. Masing-masing cara ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi tinggal teman-teman pilih saja mau cara yang mana.

Tag: Bisnis Afiliasi Untuk Pemula, Cara Menjalankan Bisnis Afiliasi

Cara Memulai Bisnis Afiliasi

1. Cara Spamming

Yep Kamu gak salah dengar. Ini cara paling mudah memulai bisnis afiliasi. Nyaris tanpa modal . Modalnya mungkin hanya kuota dan kecepatan jari nyebar link afiliasi saja.

Jadi caranya seperti ini.

Cari vendor afiliasi yang menurut Kamu memiliki produk yang laku dijual. Saran saya temen-temen bisa mulai dari Ratakan.com. Website ini semacam marketplace berbagai produk dan tools digital. Dan kita bisa mendaftar menjadi rekan affilate secara gratis.

Cara mendaftarnya pun cukup mudah. Kunjungi saja website nya, jika malas isi data ini itu, sign up saja menggunakan akun Facebook kamu. Selesai.

Jika sudah mendaftar di Ratakan, carilah produk terlaris setidaknya untuk 30 (sebulan) kebelakang. Karena itu artinya produk tersebut memang laku dipasaran.

Setelah itu, ambil link affiliatenya. Untuk mempercantik, kalian bisa memperpendek alamat URL-nya dengan menggunakan tools seperti bit.ly. Jadi alamat atau link yang teman-teman sebarkan adalah link yang sudah dipercantik tersebut.

Langkah berikutnya, spamming, hehe

Carilah grup-grup Facebook yang memang untuk berjualan atau setidaknya grup digital marketing dan diperbolehkan untuk sebar link affiliate. Selain digrup-grup Facebook, Kalian juga bisa sebar di status Facebook sendiri.

Yang harus menjadi perhatian adalah, apakah friendlist Facebook kalian merupakan orang-orang yang memang tertarik dengan produknya?

Diawal-awal saya melakukan cara ini adalah membuat akun Facebook Kloningan. Jadi tidak menggunakan akun Facebook asli saya.

Yang harus diingat, untuk membuat satu akun Facebook kita harus memiliki satu no seluler sendiri. Untungnya di marketplace seperti Tokopedia banyak kok yang menjual SIM Card aktif siap pakai.

Buatlah minimal 10 akun kloningan. Kemudian setiap harinya add maksimal 20 orang tertarget disetiap akun. Maksudnya tertarget adalah, gabunglah dengan grup-grup jualan di Facebook kemudian add member yang ada disana.

Selanjutnya buatlah postingan yang natural dan lebih baik jangan posting link affiliate terlebih dahulu agar tidak di banned Facebook.

Jadi hitungan algoritma Facebook seperti ini: Setiap postingan kita akan diperlihatkan ke 2% dari Friendlist. Apabila mendapatkan like maupun komen, maka akan diperlihatkan ke lebih banyak orang dan begitu seterusnya.

So, kalau kita memiliki 10 akun Facebook dan masing-masing sudah 5000 Friendlist. Sekali posting, postingan kita akan dilihat: 5000 x 2% x 10akun = 1000 orang.

Dari 1000 orang tersebut yakali gak ada yang belin kan? hehe

2. Dengan Beriklan

Cara yang satu ini menjadi favorit saya. Karena bisa mendapatkan penjualan dalam waktu yang cukup cepat. Cuma ada dua hal yang harus Kamu persiapkan kalau mau coba cara ini.

Yaitu: Landing Page dan Modal beriklan.

Yep itulah kelebihan dan kekurangan cara kedua ini. Kelebihannya, kita bisa cepat mendapatkan penjualan dan komisi tentunya. Kekurangannya butuh Landing Page dan modal.

Tapi modalnya pun saya pikir masih terjangkau. Tidak puluhan juta juga harus mengeluarkan untuk iklan. Mungkin dengan modal sejuta saat pertama kali beriklan teman-teman sudah bisa menghasilkan untung atau setidaknya balik modal.

Nah, untuk mempermudah membuat landing page, teman-teman tidak perlu beli website atau membuat website yang mahal ataupun yang ribet-ribet. Saya sendiri menggunakan Tools bernama Snapixa.

cara memulai bisnis afiliasi

Snapixa merupakan Page Builder yang sangat berguna untuk jualan para internet marketer. Didalamnya sudah ada ratusan template siap pakai untuk kita buat menjadi sebuah website halaman penawaran atau landing page.

Tinggal edit-edit sedikit saja dan memasukkan link affiliate kita disana. Sudah siap digunakan untuk diiklankan. Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa lihat video saya yang ini:

Dan di artikel ini saya juga tidak akan panjang lebar teknis bagaimana cara beriklan di Facebook karena sudah saya buatkan artikel khususnya disini: Cara Beriklan di Facebook

Hitung-hitungan modal diawalnya seperti ini:

Landing Page Snapixa: Rp1.194.000
Modal Iklan : Rp1.000.000

Modal total diawal: Rp2.194.000. Murah lah.

Oh iya, saat ini sedang ada diskon 50% untuk Snapixa loh. Jadi teman-teman cukup membayar Rp594.000 Untuk mendapatkan semua fitur dari Snapixa ini.

Bagaimana cara mendapatkan diskonnya?

Klik tombol dibawah, kemudian klik tombol BELI dan masukkan kode kupon “REBORN” maka kalian hanya cukup mengeluarkan Rp594.000. Mantap.

Segera ya sebelum diskonnya berakhir.

3. List Building (Funnel Marketing)

Ini adalah cara paling ampuh diantara cara memulai bisnis afiliasi yang lain. Mengapa?

Jadi begini, satu hal yang hari ini pemilik Handphone pasti miliki adalah email. Benar tidak?

Nah, bagaimana jika kita kumpulkan email-email orang-orang tertarget dan dari email tersebut kita kirimkan penawaran menarik mengenai produk affilaite kita? Pasti hasilnya penjualannya juga pasti akan tinggi bukan?

Tentu saja dalam mengumpulkan database email ini ada cara dan tekniknya sendiri plus tools pendukungnya.

Oke, kelebihan dari cara ketiga ini adalah bisnis affiliate kita akan sustainable atau akan berlangsung lama dan bisa terus berkembang. Tentunya penghasilan yang didapatkan pun juga tidak main-main.

Para pebisnis affiliate kawakan yang menggunakan cara ini bisa meraup untung bersih Rp50juta hingga Rp100juta perbulannya. Hanya dari depan laptop!

Kelemahannya, ya itu tadi, modal diawal lumayan. Karena kita harus menyiapkan marketing tools yang tidak murah seperti membuat website profesional, kemudian berlangganan tools autoresponder.

Tools autoresponder ini manfaatnya adalah untuk menyimpan database calon pembeli berupa email, no HP dan lain sebagainya. Selain itu dengan tools ini kita bisa mengirimkan blast email serta email terjadwal. Sangat praktis memang, tapi harganya pun lumayan.

Misalnya salah satu tools autoresponder favorit digital marketer yaitu Getresponse, sebulan berlangganan kita harus mengeluarkan uang $49 atau jika dirupiahkan sekitar Rp784.000.

Jadi kalau ditotal modal awalnya untuk cara ketiga ini:

Hosting dan Domain Webiste: Rp2.000.000
Getrepsonse : Rp784.000
Beriklan : Rp2.000.000

Total Rp4.784.000. Segini lah kira-kira

Bisa lebih besar juga di iklannya. Karena tujuan awal dari funnel marketing atau list building ini adalah mengumpulkan database email sebanyak-banyaknya.

Nah itu saja 3 Cara Memulai Bisnis Afiliasi. Semoga bermanfaat untuk teman-teman dan semoga sukses untuk kamu yang mau memulai bisnis afiliasi ini.

Salam sukses

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Afiliasi (9 Kelebihan Bisnis Afiliasi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top