cara membuat iklan di facebook

5 Hal Yang Harus Anda Ketahui Di Facebook Ads

Bukan rahasia lagi saat ini Facebook sudah menjadi platform sosial media yang sangat populer. Lebih dari 800juta pengguna diseluruh dunia. Indonesia sendiri berada di no 4 seluruh dunia pengguna Facebook terbanyak.

Sosial media satu ini sudah bertransformasi dari jejaring sosial yang simple dan menyenangkan menjadi platform andalan bagi para internet marketing.

pengguna facebook di indonesia
source: hootsuite

Saat pertama kali industri internet booming, perusahaan-perusahaan besar seperti Nike, McDonald’s dan yang lainnya selalu mencantumkan alamat website ke iklan-iklan mereka. Sekarang?

Saat ini mereka lebih memilih mencantumkan Fanpage Facebook disetiap iklan mereka.

Nah, bagaimana dengan Anda?Sudah memulai untuk mencoba beriklan di Facebook?

Jika belum, sangat disarankan Anda mulai mempelajari cara dan strategi berikan di Facebook. Mengapa?

Anda juga pasti sudah tahu, dalam berbisnis, iklan merupakan salah satu cost terbesar. Nah, Facebook menawarkan Anda cara beriklan dengan cost yang sangat jauh lebih murah dibandingkan cara beriklan konvensional.

Selain itu, dengan beriklan di Facebook, Anda amat sangat mentargetkan audience Anda sesuai dengan produk yang Anda jual.

Disini saya akan membahas 5 hal yang harus Anda perhatikan dalam beriklan di Facebook agar iklan Anda lebih optimal.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam beriklan di Facebook

panduan beriklan di facebook

Ini dia 5 hal yang harus Anda perhartikan sebelum beriklan di Facebook agar iklan Anda memberikan hasil yang optimal:

1. Pesan dan Desain Yang Jelas di Fanpage Anda

Dalam beriklan di Facebook, kita diharuskan memiliki Fanpage terlebih dahulu. Nah, kesalahan utama bagi para pengiklan baru di Facebook adalah, sama sekali tidak memperhatikan tampilan Fanpage mereka.

panduan beriklan di Facebook

Ingat, Fanpage yang Anda buat ditujukan bukan untuk bersosialisasi tidak sama dengan akun pribadi Anda. Fanpage Anda dibuat memang untuk beriklan dan berbisnis.

Contoh diatas adalah Fanpage yang dimiliki Buzzsumo. Gambar dan desain yang sangat simple dari Fanpage mereka.

Selain itu, mereka memberikan tombol untuk menghubungi langsung ke perusahaan mereka dan tombol yang mengarahkan langsung ke website. Hal ini akan sangat membantu dan menambah kepercayaan pelanggan mereka.

Anda dapat mengatur tampilan ini di settingan Fanpage Anda. Berikan setingan-setingan yang tepat guna untuk pelanggan Anda.

Tentunya tampilan Fanpage akan sangat mempengaruhi brand Anda bagi para audience dan pelanggan Anda.

Kemudian, posting lah postingan yang relevan dengan bisnis Anda di Fanpage. Jangan sekali-kali posting hal yang tidak berhubungan.

Posting dari artikel orang lain tidak masalah selama relevan dengan bisnis Anda atau bahasa kerennya sesuai niche Anda.

2. Call to Action

Tidak memiliki Call to Action, adalah kesalahan kedua bagi orang-orang yang baru di industri ini.

Saat Anda mencoba beriklan namun tidak memiliki call to action yang kuat agar orang membeli atau melakukan sesuatu di iklan Anda, maka hal ini akan hanya buang-buang uang iklan saja.

panduan beriklan di Facebook untuk pemula

Pastikan iklan Anda ada kalimat ajakan untuk melakukan sesuatu seperti: “Yuk baca lebih lanjut”, “Selengkapnya Disini”, “Mau?Klik Disini”

Sehingga tanpa sadar Anda telah mengarahkan kepada audience sesuai dengan apa yang Anda mau.

3. Berikan Audience Anda Lead Magnet

Lead magnet adalah suatu hal yang Anda berikan kepada audience Anda secara cuma-cuma. Misalnya ebook gratis, kupon, diskon dan lain sebagainya.

Facebook Fanpage yang paling berhasil adalah Fanpage yang memberikan ini. Misalnya mereka membuat status “yang share status ini akan mendapatkan ebook gratis tutorial bla bla bla…”.

Siapa sih orang yang tidak mau sesuatu yang gratis?

Namun tentunya, barang gratisan ini haruslah yang bermanfaat untuk mereka. Jangan sekali-kali memberikan hal yang tidak berguna. Justru mereka akan menjadi kecewa dan menjadi bumerang untuk brand Anda.

Contoh iklan diatas adalah aplikasi gratisan yang dapat diunduh dari website mereka. Setelah diunduh, pastinya akan ada data yang diambil dan dijadikan no 4 dari bahasan kita saat ini yaitu:

4. Lead Capturing

Setelah Anda memberikan Lead Magnet, pastikan capture data mereka. Entah dengan mereka memasukkan email, follow fanpage Anda atau setidaknya Like Fanpage Anda.

Apabila Anda mendapatkan data ini, maka Anda akan dapat selalu melakukan branding dan promosi produk terus menerus. Mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

Ingat, jangan terlalu sering menjual barang kepada mereka. Anda dapat selingi dengan informasi-informasi bermanfaat bagi audience Anda.

Hal ini akan sangat membantu menaikkan kepercayaan mereka kepada Anda. Dan pada saatnya mereka akan mempromosikan kepada teman-teman nya.

5. Penggunaan Gambar Secara Maksimal

Facebook menyatakan sebuah data menarik yang mengatakan bahwa, gambar dengan isi kurang dari 20% teks didalamnya dapat meningkatkan penjualan.

Satu gambar dapat berbicara 1000kata. Karena itu saat ini jika Anda perhatikan iklan-iklan perusahaan besar dijalan, mereka lebih kreatif menggunakan banyak gambar daripada tulisan.

Anda dapat memanfaatkan ini juga. Gunakan tools gratisan seperti canva.com untuk membuat desain gambar yang menarik dan like-able.

Jujur saya sangat suka dengan contoh iklan dari buzzsumo diatas. Mereka hanya memberikan gambar yang menarik dan lucu tanpa embel-embel apapun.

Contoh iklan gambar lain adalah seperti yang sering dilakukan oleh bukalapak dan gojek. Banyak dari iklan mereka hanya berisi gambar tanpa banyak berkata-kata.

Demikian 5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Beriklan di Facebook.

Semoga bermanfaat

Baca Juga: 5 Tips Desain Agar Iklan Facebook Anda Menghasilkan Konversi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top