cara menambah follower instagram

4 Cara Menambah Follower Instagram Gratis Dengan Cepat (Terbaru 2020)

4.8
(13)

Cara Menambah Follower Instagram Gratis – SB1M sebagai komunitas digital marketer selalu memberikan ilmu baru kepada membernya. Ilmu yang memang proven terbukti dan mudah dilakukan.

Nah, di webinar kali ini SB1M membahas tentang bagaimana cara menambah follower instagram gratis dengan cepat. Bintang tamu yang diundang adalah Niko Julius, seorang internet marketer yang sudah memiliki income ratusan juta.

Bayangkan teman-teman, dalam 3 bulan saja Guest Speaker kita ini mendapatkan lebih dari 40ribu follower di akun pribadinya. Tak tanggung, beliau menunjukkan beberapa bukti bahwa follower yang ia dapatkan adalah organik dan tanpa beli-beli follower.

So, di artikel ini saya akan meresume langkah-langkah cara menambah follower instagram gratis. Jadi, entah teman-teman ingin berbisnis online atau ingin menjadi influencer, cara ini sangat bisa digunakan.

Langkah-langkah Cara Menambah Follower Instagram Gratis Dengan Cepat

Mungkin Kamu sudah sering mendengar entah dari artikel, video Youtube maupun master-master Instagram lainnya seperti buat gambar menarik atau video yang memukau dan lain sebagainya.

Nah, cara yang dilakukan disini, selain yang diatas juga tentunya, adalah lebih kearah teknis dalam berinstagram. Gini, gambar bagus banget tapi audience-nya gak ada kan percuma ya?

Jadi bagaimana cara agar postingan kita dilihat banyak orang inilah yang akan kita incar terlebih dahulu.

Dan Kamu bisa lakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Pahami Karakter Post Instagram

Mungkin Kamu sudah tahu jenis-jenis postingan feed instagram seperti single image, Video/IGTV ataupun carousel.

Nah ternyata masing-masing dari jenis posting feed ini memiliki karakter masing-masing loh. Dan juga karakter ini tergantung niche atau bidang apa akun instagram Kamu. Maksudnya?

Jadi misal, Kamu sedang menjalani bisnis fashion. Yang paling kuat dan utaman untuk diposting bisa jadi single image dan bukan carousel. Ini akan berbeda di setiap niche yang Kamu jalani. Jadi harus diriset ulang ya.

Cara merisetnya adalah dengan melihat di IG explore. Coba teman-teman cek jenis konten apa yang paling sering direkomendasikan oleh Instagram di IG explore Kamu.

Jika yang sering banyak muncul adalah video, maka yang perlu Kamu sering posting adalah bentuk video atau IGTV. Artinya yang harus Kamu lakukan hanyalah mengikuti apa kata Instagram dan audience behaviour.

Rumor yang paling banyak berkembang di dunia bisnis digital bahwa Instagram sering mengganti algoritma nya ternyata hanyalah mitos.

Jadi saat engagement postingan Instagram Kamu jah berkurang, itu artinya audience behavior lah yang berubah. Atau kebiasaan dari audience teman-teman.

Jika ini terjadi, maka Kamu harus bisa beradaptasi lagi dalam membuat konten dan riset kembali jenis konten yang perlu sering diposting.

Adapun karakter jenis posting instagram yang perlu Kamu ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Single Image. Bentuk posting ini akan banyak memberikan Kamu engagement berupa Like dan komen tergantung dari kualitas dan relevansi postingan Kamu terhadap audience
  2. IGTV. Postingan jenis ini akan lebih benyak memberikan engagement berupa komen dan share namun sedikit Like.
  3. Carousel. Jenis ini akan lebih sedikit memberikan engagement Like dan Share namun akan banyak yang Save jenis postingan carousel.

Jadi, lakukan riset dulu jenis postingan seperti apa yang memang cocok dengan akun Instagram teman-teman ya.

2. Gunakan T.O.T.E (Test Operate Test Exit)

Teknik TOTE ini adalah dengan mentesting hashtag instagram. Yang perlu Kamu ketahui, banyak sekali komunitas digital marketer yang melakukan riset berapa banyak hashtag optimal untuk mendapatkan engagement posting yang maksimal.

Hasilnya, setiap tahun berubah. Ada yang mengatakan hashtag paling baik berjumlah 15, ada yang bilang cukup 7. Masing-masing mengeluarkan hasil risetnya sendiri-sendiri.

Nah daripada kita berkutat dengan hasil riset yang berbeda-beda ini, lakukanlah teknik TOTE. Bagaimana caranya?

Cara yang paling baik dilakukan adalah dengan membuat clustering hashtag. Apa itu?

Jadi setelah Kamu melakukan riset hashtag untuk posting di Instagram. Buat grup hashtag tersebut menjadi beberapa grup. Mungkin diawal bisa buat menjadi 4 grup.

Untuk bagaimana cara riset hashtag Instagram, Kamu bisa baca disini ya: Cara Riset Hashtag Instagram

cara menambah follower instagram

Gambarannya seperti ini, Group hashtag A digunakan untuk post 1, grup hashtag B untuk post 2, grup hashtag C untuk post 3 dan seterusnya.

Kemudian setelah semua grup hashtag digunakan, kembali ke grup hashtag A untuk post kelima begitu selanjutnya.

Lalu analisa. Grup hashtag manakah yang paling banyak memberikan engagement dan post mana yang paling banyak memberikan follower. Hal ini bisa Kamu lakukan dengan melihat insight Instagram.

Oh iya, insight Instagram hanya bisa dilihat apabila akun Kamu adalah akun bisnis dan bukan akun personal.

Bagaimana cara merubah akun personal menjadi akun bisnis? Lihat di artikel berikut ya: Cara Merubah Akun Personal Instagram Menjadi Akun Bisnis

Jika posting dengan clustering hashtag ini sudah dilakukan, dalam waktu seminggu Kamu sudah bisa mengambil kesimpulan cluster hashtag mana yang paling bagus untuk akun Kamu.

Satu lagi, pada saat kamu riset hashtag, pastikan gunakan hanya hashtag yang sudah diposting maksimal 20ribu kali.

Karena kalau lebih dari itu makan postingan kita akan cepat tertutup oleh postingan orang lain dengan hashtag yang sama.

Dan jika follower Kamu sudah lebih dari 20k, barulah bisa menggunakan hashtag dengan jumlah postingan lebih dari 20ribu.

3. Lakukan Posting Hanya di Jam Optimal

Untuk jam optimal ini ada 2 pendekatan: Pendekatan feeling dan Pendekatan Insight. Yuk kita bahas satu persatu.

Pendekatan Feeling

Untuk siapakah postingan Kamu? Ibu-ibu? Mahasiswa? Pekerja? Pebisnis?

Nah dari sini kita bisa memperkirakan jam berapakah audience kita membuka aplikasi Instagramnya.

Misalnya pekerja. Biasanya mereka akan membuka Instagram di jam 8 pagi sebelum bekerja, saat makan siang jam12 atau jam8 pada saat mereka pulang kerja.

Inilah yang dimaksud dengan pendekatan feeling. So, inilah yang dimaksud dengan pendekatan feeling. Ketahui dulu untuk siapa postingan Kamu dibuat.

Pendekatan Data

Saat akun Instagram kita sudah mulai aktif, maka kita sudah bisa menggunakan pendekatan data. Kamu bisa melihat semua audience bahaviour di menu Insight.

Disini akan terlihat seperti apa audience kita. Jam berapa biasanya postingan kita dilihat, range usia berapa audience kita bahkan kita juga bisa melihat daerah terbanyak asal audience kita.

Dari data ini barulah Kamu bisa ambil kesimpulan kapan jam-jam optimal untuk melakukan postingan. Jangan sampai hashtag Kamu sudah bagus, postingan sudah bagus namun tetap tidak ada orang yang melihat hanya karena salah waktu memposting.

Membaca data ini cukup penting dalam cara menambah follower instagram kamu dengan cepat.

4. Pahami Instagram Follower Flow

Maksudnya adalah Kita harus tahu darimana follower kita berasal. Dari post kah? Dari explore kah? Single image kah? Atau IGTV kah?

Dari sini Kamu akan bisa memutuskan jenis posting yang seperti apa yang harus dimaksimalkan.

Namun diawal memang yang harus dimaksimalkan adalah bentuk posting dan jenis posting serta hashtag postingan.

Saat jumlah follower semakin banyak, tentunya semua harus dievaluasi dan dikaji lagi angka-angkanya untuk bisa bertumbuh lebih.

Dan tidak ketinggalan, buatlah posting yang benar-benar memberikan value untuk audience Kamu. Yang bisa memberikan engagement agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Jadi itulah 4 cara menambah follower Instagram dengan cepat dan gratis tentunya. Semua artikel ini sudah saya save sebagai PDF apabila teman-teman ingin menyimpannya.

Baca Juga: Review Terbaru Gramcaster (Lipatgandakan Omset Penjualanmu Melalui Instagram)

Satu lagi, SB1M sebagai komunitas bisnis digital banyak loh sharing ilmu-ilmu daging seperti ini. Dan kerennya gratis!

Untuk teman-teman yang tertarik bergabung, boleh klik saja gambar dibawah ya. Nanti Kamu akan mendapatkan pesan email notifikasi kapan webinar SB1M terdekat

Sukses….

belajar sosial media marketing di jakarta

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 13

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan kepada temanmu 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GRATIS WEBINAR!!

DAN tutorial internet marketing selama 3 tahun