Mau Video Facebook Ads Dikirim Langsung Ke Email Kamu?

tips beriklan di facebook untuk pemula

5 Top Secrets to Facebook Advertising Success

Facebook merupakan salah satu platform iklan yang besar dan sudah benyak membantu para pelaku bisnis. Salah satu alasannya adalah, Anda dapat beriklan di Facebook dengan mentargetkan ke orang-orang yang Anda inginkan saja. Hal ini dapat membuat penjualan Anda meningkat cukup tajam.

Diluar kebebasan yang cukup luas yang diberikan oleh Facebook dalam targeting, hal ini juga bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kita para pengiklan. Nah, di artikel ini saya akan membahas 5 hal yang perlu Anda ketahui agar iklan Anda di Facebook dapat sukses dan menghasilkan keuntungan.

1. Gunakan Gambar Maupun Video Sesuai Dengan Goals.

Permasalahan awal yang saya dapati saya pertama kali beriklan di Facebook, saya selalu menggunakan gambar untuk iklan saya. Padahal ternyata, semuanya harus disesuaikan dengan Goal dari iklan.

Misal Anda ingin menjual brang fisik seperti Hijab. Artinya Goal Anda adalah ingin langsung mendapatkan penjualan. Iklan seperti ini biasanya cukup dengan satu gambar atau beberapa gambar yang dibuat format carousel (gambar berjalan).

Nah, jika Anda ingini menjual workshop, penggunaan gambar ternyata tidak cukup berhasil. Menggunakan video dengan durasi 1 menit berisi ringkasan isi workshop maupun testimoni peserta menjadi lebih powerful.

So, apa yang Anda ingin iklankan? Iklan apa yang cocok dengan goal Anda?

2. Target Lokasi

Oke, saya tahu Anda ingin dengan sesegera mungkin mendapatkan penjualan dari seluruh Indonesia. Namun ada baiknya Anda targetkan audience Anda berdasarkan lokasi dimana bisnis Anda berada.

Mengapa harus dilakukan hal ini? Karena Facebook Ads sangat ampuh digunakan untuk branding baik itu personal branding maupun Business Branding. Dan branding pertama yang harus dilakukan adalah kepada orang-orang disekitar Anda.

Apabila saya adalah orang asli Semarang, kemudian ada 2 penjual yang menawarkan produk sama kepada saya yang satu produk Jakarta sementara satu lagi produk asli Semarang. menurut Anda mana yang akan saya pilih?

Entah karena memang kedekatan tempat tinggal atau entah karena ada rasa memiliki terhadap kota sendiri, kebanyakan dari orang-orang akan memilih produk yang lebih dekat darinya.

Atau misalnya Anda memiliki kelebihan dapat COD (Cash On Delivery), ini akan lebih menguntungkan.

Jadi, daerah mana bisnis Anda berpusat?

3. Keyword Targeting

Walaupun Facebook Ads bukanlah Search Engine seperti Google, namun ternyata di beberapa kesempatan saya beriklan dengan targeting keyword ternyata cukup berhasil juga.

Riset kaya kunci yang relevan dengan produk Anda. Cari kata-kata persamaan maupun kata yang terkait dengannya. Gunakan kata kunci yang Anda dapat menjadi kumpulan targeting yang digunakan di adset iklan Anda.

Anda dapat melakukan riset kata kunci gratis disini: keywordtool.io

Selain itu Anda juga dapat melakukan riset kata kunci ini di Google. Ketikkan kata kuncinya, kemudian carilah kata kunci yang terkait dengannya. Masukkan di targeting Facebook Anda.

4. Targeting Tempat Kerja

Aneh ya tageting tempat kerja? Tapi ini hal yang suka saya lakukan. Misal saya ingin menjual sebuah workshop Financial Planning.

Siapa sih yang paling butuh workshop ini? Dugaan awal saya adalah karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan swasta yang cukup besar seperti Unilever, Indofood dan lain sebagainya.

Dan benar loh ternyata. Dari sekian banyak iklan untuk A/B testing yang saya lakukan ternyata winning campaign-nya adalah dari iklan yang mentargetkan perusahaan-perusahaan tersebut.

Namun hal ini tentunya perlu dilakukan riset terlebih dahulu. Riset paling mudah adalah dengan mengambil kesamaan dari semua pelanggan Anda selama ini. Dimana mereka bekerja?

5. Tes….tes dan tes

Yup, jika Anda berharap hanya beriklan sekali di Facebook sudah bisa menghasilkan keuntungan, kemungkinan besar Anda akan kecewa.

Karena untuk saya pribadi beriklan di Facebook ibarat membeli data. Harus modal di awal. Nah, saat Anda sudah mendapatkan data dari salah satu iklan yang cukup menghasilkan penjualan langkah selanjutnya adalah Scale Up.

Inilah yang dilakukan oleh para pengiklan Facebook kawakan. Saat mereka mendapatkan satu iklan yang menurut mereka berhasil (winning campaign) mereka akan habis-habisan scale up dengan menambahkan budgeting harian iklan mereka.

Oke, itu saja 5 Tips Beriklan Facebook Yang Sukses berdasarkan pengalaman saya. Mungkin ada teman-teman yang memiliki tips lain boleh ya isi di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula (2020): 3 Hal Yang Harus Anda Ketahui Dalam Targeting

Tag: Tips Beriklan di Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

GRATIS WEBINAR!!

DAN tutorial internet marketing selama 3 tahun