targeting dalam facebook ads

3 Hal Harus Anda Ketahui Dalam Targeting Facebook Ads

Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula – Apakah Anda sudah mencoba beriklan di Facebook namun masih belum menghasilkan untung? Mungkin masalahnya ada di targeting iklan Anda. Targeting Facebook Ads menurut saya seperti seni dan bukan ilmu pasti. Masing-masing pengiklan memiliki targeting sendiri yang, saat kita menguasainya, maka penjualan dan keuntungan akan dapat berlipat ganda.

Anda benar-benar harus memastikan mentargetkan market yang tepat agar iklan Anda dapat berhasil. Dulu, saat kita ditanya demografi dari pelanggan kita, mungkin kita hanya menjawab sebatas usia, gender, pekerjaan.

Namun sekarang di Facebook kita dapat mentargetkan lebih dari itu!

Kita dapat mentargetkan audiens berdasarkan buku yang mereka baca, tokoh yang mereka ikuti, tempat yang mereka kunjungi, gadget yang mereka pakai dan banyak lagi.

Ada negatif dan postifnya dengan ini. Negatifnya, kita benar-benar harus memahami untuk siapa produk kita. Karakter mereka, apa kegiatan yang mereka suka dan lain sebagainya. Butuh waktu dalam melakukan riset ini.

Positifnya adalah, kita bisa mentargetkan orang-orang yang memang spesifik butuh produk kita. Jadi, kesempatan untuk mendapatkan pembelian menjadi lebih tinggi.

Nah, ada 3 tip yang bisa saya sharing ke Anda agar targeting dalam tutorial Facebook Ads untuk Pemula yang Anda lakukan bisa lebih berhasil. Yuk kita bahas.

Baca Juga: Belajar Facebook Ads (3 Tempat Belajar Facebook Ads Online Terbaik)

Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula

1. Jangan mulai dari iklan, namun mulailah lebih mengenal pembeli Anda.

tutorial facebook ads untuk pemula

Seperti yang saya katakan sebelumnya, kita sebagai pebisnis harus amat sangat mengenal seluk beluk dari calon pembeli produk yang kita jual.

Sebagai contoh saat kita ingin menjual produk pelangsing. Targeting yang kita gunakan jangan hanya kata “diet” saja, ini masih terlalu umum.

Pikirkan apa yang biasanya menjadi pembahasan orang-orang yang sedang melakukan diet. Apa yang mereka makan, apa kegiatan mereka, apa yang mereka pakai, siapa yang mereka ikuti di Facebook, di usia berapa biasanya orang melakukan diet.

Yup, memang harus sedalam itu. Itulah hebatnya beriklan di Facebook.

2. Gunakan Tools Untuk Mengetahui Lebih Jauh Audiens Anda.

Tools gratisan yang bisa Anda gunakan seperti Adspy. Atau jika Anda ingin mendapatkan data yang lebih mendalam lagi bisa menggunakan Ads Manager Pro yang berbayar.

Ingat, beriklan di Facebook merupakan proyek jangka panjang. Saat Anda baru sekali dua kali beriklan dan rugi, keep moving forward. Pelajari semuanya dari awal kesalahan gagal iklan Anda.

Nah, tools-tools yang dapat memberikan anda banyak sekali insight targeting yang cukup akurat. Tools ini akan amat sangat mengurangi waktu dan energi Anda saat mencari targeting audien yang tepat.

Jadi pilihan ditangan Anda, ingin investasi waktu untuk mencari sendiri targeting yang tepat atau investasi sedikit uang dan biarkan Tools yang bekerja untuk Anda.

Sepengalaman saya menggunakan tools berbayar seperti ini, Ads Manager Pro adalah rekomendasi yang oke dari saya. Selain mudah dalam penggunannya, targeting yang diberikan Ads Manager Pro juga cukup akurat sehingga iklan yang Anda jalankan akan menjadi optimal dan tidak buang-buang uang.

Untuk Anda yang tertarik dengan Ads Manager Pro, bisa lihat disini ya: Ads Manager Pro

3. A/B Testing

Kehebatan lain dari Facebook Ads adalah kita dapat melakukan A/B Split Testing untuk semua targeting yang sudah kita dapatkan. Apa itu A/B testing?

A/B testing adalah membuat beberapa iklan dengan tujuan menjual produk kita dan men-tes iklan mana yang paling menguntungkan dan menghasilkan banyak penjualan. Mudahnya, A/B Testing ini kita lakukan untuk mendapatkan data yang tepat untuk iklan kita.

Misal Anda menjual sepatu lari. Nah, saat beriklan jangan gunakan hanya satu iklan saja dan berharap bisa untung. Sedikit sekali yang benar-benar bisa seperti itu.

Jadi caranya adalah buat minimal 5 iklan kemudian jalankan minimal selama 7 hari. Selama 7 hari kita akan mendapatkan data iklan mana yang berhasil. Satu iklan yang berhasil tersebut kita scale-up atau tambah modal beriklannya sementara 4 iklan yang lain kita matikan.

Inilah seninya beriklan di Facebook. A/B Testing dan Scale Up.

Oke teman-teman itu saja dulu 3 tips Tutorial Facebook Ads untuk pemula dan mendapatkan Targeting yang tepat. Semoga bermanfaat dan jika memang bermanfaat bisa share kawan pebisnis kita yang lain.

Baca Juga: Cara Beriklan di Facebook Untuk Pemula (terbaru 2020), Internet Marketing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top