6 Facebook Ads Tools Dan Strategi Untuk Mengalahkan Kompetitor Anda (2019)

0
(0)

Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai tools gratis Facebook Ads dan beberapa strategi untuk memenangkan kompetisi beriklan.

Saya pribadi tidak terlalu sering menggunakan Facebook ads. Hanya jika ada produk affiliate yang sedang trending dan memberikan komisi lumayan barulah saya beriklan di Facebook haha.

Karena itu strategi ini bukan dari saya, tapi dari Neil Patel, seorang digital marketer yang sangat sukses di Amerika sana.

Jika kita melihat iklan atau diantara Anda ada yang ikut ecourse Fb Ads, mungkin akan bingung kok para mastah mudah sekali mendapatkan Leads maupun penjualan dengan beriklan di Facebook?

Baca juga: Tempat belajar Facebook Ads terbaik

Disini saya berpendapat, yang pertama, contoh kasus adalah kasus beberapa tahun yang lalu. Saat ini biaya untuk beriklan di Facebook semakin mahal.

Hal ini disebabkan makin banyaknya saingan yang menggunakan Facebook Ads. So, kasus-kasus yang terjadi beberapa tahun yang lalu nampaknya sudah tidak terlalu relevan dengan kondisi sekarang.

Benar tidak?ini sih pendapat saya. Komen jika Anda memiliki pendapat berbeda.

Dalam video diatas, Neil Patel mengajarkan kita 6 Tools gratis yang bisa kita gunakan dalam beriklan di Facebook dan mengalahkan kompetitor kita.

So, yuk kita ulas

6 Strategi Mengalahkan Kompetitor Iklan Facebook

1. Kepoin Iklan Kompetitor

Pernahkah Anda melihat suatu iklan Facebook yang amat sangat sulit untuk ditolak?

Entah dari kata-katanya (copywriting), gambarnya, bonusnya maupun bentuk sales page-nya. Nah cara paling mudah adalah ATM, Amati Tiru Modifikasi.

Dibulan Juli 2019 ini, Pak Zulfitrianto dari Zuper.id mengadakan sebuah mentoring cara berjualan di Facebook Modal Nol. Kebetulan saya mencoba mengikuti program affiliate-nya dengan cara jualan produk itu juga.

5 iklan saya jalani tidak ada satupun yang menghasilkan dari sini. Entah karena memang saya noob atau kurang modal hahaha.

Kemudian di beranda Facebook saya muncul-lah iklan dari pak Zul langsung untuk kelas mentoring ini.

iklan Pak Zulfitrianto

Lah, yasudah…saya tiru iklan ini saja. Tinggal edit dikit-dikit. Dan kebetulan Pak Zul juga memberikan custom audience untuk para afiliasinya.

Boom! Beriklan modal Rp50rbu perhari dapat closingan. Kebetulan affiliate ini memberikan komisi Rp200rbu setiap closingan. Lumayan.

2. Buat Iklan Anda Sulit Untuk di Plagiat.

Caranya?

Ubah iklan Anda menjadi video. Jika bentuknya hanya gambar dan tulisan, iklan Anda akan sangat mudah dicontek.

Buat video seunik mungkin. Unik tidak selalu sulit. Dalam beriklan memang yang dibutuhkan adalah kreatifitas Anda untuk menarik calon pembeli.

Dan jangan lupa, berikan bonus yang kompetitor Anda tidak dapat berikan dan pelanggan Anda tidak dapat tolak.

Baca juga: 10 Headline Iklan Facebook Untuk Menghasilkan Penjualan

3. Bigspy.com

Bigspy.com adalah website untuk melihat iklan-iklan kompetitor Anda secara gratis. Untuk mendaftar di website ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis.

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang Anda inginkan, dan beragam iklan yang sesuai dengan kata kunci akan muncul.

Pilihlah iklan yang paling banyak mendapatkan enggagement. Pelajari kata-katanya dan gambarnya. Kalau perlu, datangi Fanpage-nya dan lihat apa yang mereka jual.

Website ini sangat berguna untuk Anda riset konten seperti apa yang laku dipasaran. Sebagai contoh dibawah adalah kata kunci: bisnis online.

Saya tidak akan mengambil contoh iklan dari para mastah semacam Dewa Eka Prayoga maupun yang sudah memiliki brand seperti Abdi (akademi bisnis digital).

Contoh yang saya ambil diatas dari Maharani Winarta (saya tidak tahu siapa dia), namun mendapatkan cukup banyak enggagement dan komen dan share.

Terlepas dari siapa audience yang digunakan dalam iklan ini, saya pikir copywriting yang digunakan cukup mengena. Iklan ini seakan ditujukan kepada personal diri audience-nya sehingga mereka mau share maupun memberikan like.

4. Facebook Audience Insight.

Tidak asing bagi Anda yang sudah pernah mengiklan di Facebook. Namun biasanya kita cukup malas melakukan riset di fitur ini.

Padahal, Audience insight Facebook dapat memberikan banyak sekali data yang Anda butuhkan sebelum beriklan.

Dalam ecourse dari Pak Albert Leonardo, seorang master Facebook Ads AdsMastery, beliau mengatakan hal paling lama yang ia lakukan adalah riset audience. Mendapatkan interest yang optimal, penargetan usia dan penargetan lokasi.

5. Connectio.io

Tools yang satu ini berbayar namun cukup berguna. Setidaknya ada 4 Fungsi yang bisa Anda manfaatkan di connectio.io: ConnectAudience, ConnectLeads, ConnectRetarget dan ConnectExplore.

Saya tidak akan bahas satu persatu fungsi tersebut. Namun secara umum, saat Anda sudah memiliki basis audience yang cukup baik entah dari sisi interest maupun kategori dan Anda ingin memperlebar audience Anda, tools ini dapat secara optimal memberikannya.

6. Re-marketing Audience Anda

Jika Anda sudah memiliki banyak follower di Facebook (jika belum maka saatnya Anda mengembangkan Fanpage Anda), mulailah melakukan re-branding kembali kepada mereka.

Lakukan re-edukasi produk atau hal-hal yang berkorelasi dengan produk Anda. Misal jika Anda menjual kerudung, berikanlah pengikut Anda tutorial-tutorial hijab cantik.

Hal ini mudah dilakukan, yang sulit adalah konsistensi dan kesabaran. Namun inilah yang selalu dilakukan oleh para internet marketer kawakan.

Mereka tanpa henti mengedukasi para audience-nya. Membangun kepercayaan melalui artikel-artikel maupun video yang mereka berikan secara gratis.

Saat kepercayaan ini sudah terbangun, menjual adalah perkara yang mudah. Bahkan mereka akan rela membantu untuk menjual kepada kerabat mereka.

Selain itu, targetkan iklan Anda kembali kepada para pelanggan loyal Anda maupun orang-orang yang sudah mampir di toko website Anda.

Berharap terjadi penjualan harus, namun hal ini dilakukan untuk memperkuat brand awareness produk Anda kepada mereka.

So, demikian artikel ini saya buat berdasarkan video Neil Patel mengenai strategi beriklan di Facebook dan mengalahkan kompetitor Anda,

Semoga bermanfaat.


belajar sosial media marketing di jakarta

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan kepada temanmu 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GRATIS WEBINAR!!

DAN tutorial internet marketing selama 3 tahun