Mau Video Facebook Ads Dikirim Langsung Ke Email Kamu?

apa itu backlinks

Apa Itu Backlink dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Apa Itu Backlinks – Jika Anda seorang internet marketer yang menggunakan website dalam strategi penjualannya, segala hal mengenai apa itu backlinks sudah menjadi kewajiban untuk dipelajari.

Dalam artikel ini saya akan membahas apa itu backlinks dari sudut pandang seorang master SEO yaitu Neil Patel.

Dan juga, akan ada beberapa tips bagaimana cara mendapatkan backlinks. Namun satu hal yang perlu Anda pahami, mendapatkan backlinks bukan perkara satu malam mendapatkan banyak backlinks.

Butuh usaha dan kesabaran dalam membangun backlinks organik agar SEO dari website Anda bisa berjalan dengan baik.

Banyak jasa-jasa yang menjual backlinks, namun menurut Neil Patel, hal ini mampu menaikkan ranking website Anda mungkin hanya sementara saja.

Apa itu backlinks?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi ranking dari sautu website. Faktor-faktor ini didapatkan dari berbagai uji coba para praktisi SEO selama bertahun-tahun.

Uji coba ini dilakukan karena memang tidak ada satu orangpun yang tahu secara pasti algoritma mesin pencari Google kecuali para penciptanya.

Nah, diantara banyak faktor ini, setiap master SEO sepakat bahwa backlinks adalah yang menentukan suatu website berhak untuk menduduki posisi pertama mesin pencarian atau tidak.

Lalu apa itu backlinks?

Backlinks adalah alamat halaman dari suatu website yang disematkan di website lainnya. Analoginya dalam kehidupan nyata mungkin seperti testimoni dan rekomendasi.

apa itu backlinks

Suatu produk yang mendapatkan rekomendasi dari para pelanggannya akan lebih dipercaya oleh calon pelanggan lainnya. Begitu juga backlinks.

Semakin banyak mendapatkan backlinks, maka website Anda dinilai lebih relevan untuk suatu pencarian di mesin pencari sesuai dengan kata kunci tertentu.

Namun tidak semua backlinks dinilai sama oleh Google. Setidaknya ada beberapa faktor yang Neil Patel sampaikan mengenai jenis-jenis backlinks. Dan setiap backlinks tersebut memiliki dampak yang berbeda untuk website Anda

1. Autoritas website

Jika saya memberikan backlinks kepada Anda, tentunya akan sangat jauh berbeda hasilnya andai anda mendapatkan backlinks dari website seperti panduanim.com maupun pandagila.com.

Kedua wesbite terakhir yang saya sebutkan diatas tentunya memiliki autority yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan website saya.

domain authority

2. Domain Autority

Autoritas dari suatu domain dinilai berdasarkan angka Domain Autority (DA). Nilai DA berkisar dari angka satu hingga 100.

Semakin tinggi nilai DA dari website yang memberikan Anda beacklinks, maka akan semakin tinggi kesempatan artikel Anda untuk mendapatkan rank di mesin pencari Google.

Jadi, jika Anda ingin membangun backlinks untuk website Anda, maka incarlah pemilik website yang memiliki DA tinggi.

Gunakan tools gratis seperti Ubersuggest untuk melihat nilai DA dari suatu website.

3. Relevansi Domain

relevansi domain dalam membangun backlinks

Misalnya blog atau website Anda membicarakan hal-hal tentang makanan, makan bangunlah backlinks dari webisite yang memiliki bahasan sama. Atau dalam bahasa internet marketing nya: masih satu niche.

Walaupun Anda mendapatkan backlinks dari website yang memiliki DA tinggi namun tidak dalam saatu niche, hal ini akan kurang berpengaruh kepada nilai SEO Anda di mata mesin pencari.

So, carilah backlinks yang memang benar-benar memiliki relevansi kuat dengan website Anda.

Cara Mendapatkan Backlinks

Ada beberapa cara mendapatkan backlinks. Ada cara whitehat (cara baik), dan blackhat (cara kurang baik).

Kontroversi diantara para praktisi SEO mengenai cara blackhat sering terjadi. Ada yang membenarkan, ada juga yang bilang tidak baik untuk digunakan.

Well, pada akhirnya kembali ke Anda mau menjalankan yang mana.

Whitehat

Berbagai macam metode digunakan didalam cara whitehat ini. Cara ini perlu dedikasi, fokus dan kesabaran. Namun hasilnya untuk jangka panjang karena artikel Anda yang telah memiliki ranking bagus, akan lama bertengger disana.

Salah satu cara whitehat yang akan saya sharing adalah teknik “Skyscrapper”. Cara ini dijelaskan cukup gambalng oleh Brian Dean dari backlinko.com.

cara membangun backlinks

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat artikel yang bernar-benar berkualitas. Berkualitas disini dalam arti tulisan original, setidaknya lebih dari 1000 kata, mengandung gambar dan infografis.

Kedua, promosi habis-habisan artikel Anda ini di berbagai platform sosial media. Facebook, instagram, twitter, pinterest, medium dan sebagainya.

Dalam sebuah artikel panduanim.com mengtakan, mereka menghabiskan 1 hari untuk membuat artikel dan sisa 7 harinya untuk promosi di semua platform.

Jadi yang mereka utamakan adalah kualitas dari artikel. Seberapa puas para pembaca mereka saat selesai dengan artikelnya sehingga tidak ada lagi pertanyaan yang mereka simpan dikepala.

Ketiga, cari artikel kompetitor yang mirip dengan artikel Anda. Gunakan tools gratis ubersuggest untuk melakukan ini. Dari artikel-artikel kompetitor tersebut, riset backlink yang mereka miliki. Anda dapat melakukannya juga dengan tools yang sama.

cara mendapatkan backlinks

Email orang-orang yang memberikan backlinks kepada kompetitor Anda. Katakan bahwa Anda memiliki artikel yang lebih lengkap dan lebih detail untuk dibaca.

Cari sebanyak-banyaknya para pemberi backlinks ini. Jika Anda dapat menghubungi 100 orang dan 20% dari mereka menanggapi Anda, Itu artinya website Anda telah mendapatkan 20 backlinks. Mantap.

Itulah cara Skyscrapper. Sekali lagi. Butuh kesabaran.

Cara lain untuk mendapatkan backlinks gratis adalah dengan membuat akun di Google Site. Google Site adalah fitur yang disediakan oleh Google untuk membuat webisite simple.

Buatlah artikel yang relevan dengan artikel utama yang ingin targetkan. Ingat, artikel di Google site ini tidak boleh hasil copas dari artikel utama Anda.

Kemudian masukkan backlinks yang mengarah ke artikel utama. Gunakan anchor text yang relevan.

Blackhat

Banyak teknik yang bisa Anda gunakan dengan blackhat ini.

1. PBN

Private Blog Network (PBN) adalah webisite dummy yang Anda buat sendiri untuk menanamkan backlinks menuju website utama Anda.

Cara ini melanggar aturan Google karena itu masuk kedalam daftar teknik blackhat.

Ada cara-cara untuk mencari expired domain untuk Anda jadikan PBN. Saya tidak akan menjelaskan secara mendetail disini.

Anda dapat mengikuti ecourse mendapatkan PBN dengan murah dan mudah disini: Expired Website.

2. Beli Backlinks

Banyak sekali penjual backlinks diluaran sana. Bahkan ada yang menawarkan backlinks dari domain yang memiliki DA tinggi.

Jujur, saya pribadi belum pernah menggunakan jasa beli backlinks ini. Menurut Neil Patel, bakclinks yang akan Anda dapatkan mungkin bisa menaikkan posisi rank website Anda, namun hanya untuk jangka pendek.

3. Social Bookmark.

Yang Anda lakukan disini adalah mensubmit artikel di website mereka. Gratis.

Kelemahan dari social bookmark ini, sudah pasti domain yang mereka miliki memiliki DA yang rendah.

Berikut daftar Social Bookmark yang dapat Anda gunakan: List Social Bookmark

Demikian artikel mengenai apa itu bakclinks dan bagaimana cara mendapatkannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share. Salam sukses 🙂

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Mendapatkan Ide Konten Untuk Website Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

GRATIS WEBINAR!!

DAN tutorial internet marketing selama 3 tahun