Mau Video Facebook Ads Dikirim Langsung Ke Email Kamu?

tutorial optimasi seo video youtube

SEO Youtube Tutorial: 9 Cara Video Anda Di Halaman Pertama Mesin Pencari


YOUTUBE SEO TUTORIAL

Apakah Anda sedang membangun sebuah channel Youtube dan ingin mengoptimasikannya?

Di artikel kali ini saya akan membahas cara Brian Dean dalam memaksimalkan SEO video Youtube nya agar masuk ke halaman pertama pencarian Youtube.

Langkah-langkah ini bukanlah cara klise yang diberikan banyak tutorial lainnya. Namun merupakan hasil tes, uji coba dan eksperiman Brian Dean sendiri dalam mengembangkan Youtube Channel nya.

Search Engine Optimization yang selama ini kita kenal sudah mulai bergeser. Sejak Yotube dibeli oleh Google, hasil pencarian Google sering kali memberikan kita video-video yang berasal dari Youtube.

Hal ini tentunya harus menjadi perhatian kita. Mengapa?

Perkembangan dunia internet sangatlah cepat. Dulu tulisan masih menjadi favorit, karena itu banyak bermunculan para blogger dan website-website baru yang bertumbuh.

Kini, tulisan saja sudah tidak cukup.

Kita juga harus mengoptimasikan gambar, video, bahkan rekaman suara pun sudah menjadi tren di platform podcast.

So, yuk kita bahas 9 tips dari Brian Dean dalam memaksimalkan fitur pencarian Google dan cara meningkatkan viewers channel Youtube nya.

Baca juga: Tutorial Internet Marketing Gratis

9 Cara Agar Video Youtube Masuk di Halaman Pertama Mesin Pencari

1. Dengan Teknik “Front Loading”

Ini adalah langkah pertama dalam mengoptimasikan video Youtube Anda.

Letakkan kata kunci yang diincar di awal judul video Anda. Sebenarnya cara ini mirip seperti SEO dalam suatu artikel yaitu dengan menyisipkan kata kunci pada judul.

Bedanya, kata kunci yang menjadi fokus Anda di video Youtube haruslah benar-benar di awal judul. Karena itu teknik ini disebut Front-Load.

Contoh, saat ingin mengincar kata kunci “mendapatkan uang di internet, daripada memberikan judul divideo postingan Anda seperti ini “Yang Perlu Dilakukan Untuk Mendapatkan Uang di Internet”

Akan lebih baik jika diganti dengan “Cara Mendapatkan Uang di Internet: Yang Perlu Anda Lakukan”. Sekali lagi, letakkan kata kunci di awal video.

Saya tidak akan menjelaskan cara riset kata kunci di artikel ini. Namun sudah saya bahas lengkap di artikel saya berikut: Cara Riset Kata Kunci Gratis

Karena itu, jika kita mampir ke Channel Yotube Brian Dean, kita akan melihat hampir semua judul video dia meletakkan kata kunci didepan judulnya.

2. Tingkatkan Engagement Signal di Video Anda

Apa itu “engagement signal”?

Engagement signal adalah interaksi viewers Anda terhadap video yang Anda upload di Youtube seperti like, comment dan share.

Dalam riset yang dilakukan oleh Brian Dean, engagement signal yang paling berpengaruh terhadap ranking video Youtube Anda adalah komentar.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan komentar lebih banyak?

Jika Anda pernah melihat video dari para youtuber-youtuber besar, cara yang paling umum digunakan adalah menggunakan kata-kata seperti “komen ya”, “share ya”, “jangan lupa like” di akhir video mereka.

Sedikit berbeda dengan yang Brian Dean sarankan dalam videonya. Brian Dean menjelaskan, cara terbaik untuk mendapatkan banyak komentar adalah dengan memberikan 2 pilihan yang menciptakan perbedaan pendapat.

Misalnya Anda membuat video mengenai cara beriklan di Facebook ads dan google adwords. Di akhir video, daripada memberikan pesan seperti “komentar ya siapa yang beriklan di facebook ads atau google adwords”

Akan lebih baik menggantinya dengan pesan seperti “jadi, mana yang menurut Anda lebih baik? Facebook Ads Atau Google Ads?”.

Hal ini pasti akan menimbulkan kontroversi diantara para audiens Anda. Yang akan memancing untuk mengisi kolom komentar.

dua pilihan berbeda

3. Maksimalkan Video Tag Anda.

Memang penggunaan video tags sudah tidak sepenting dulu, namun masih menjadi hal yang sangat perlu dilakukan agar video Anda masuk di halaman pertama mesin pencarian.

Video tags dimaksudkan agar Youtube jauh lebih mudah mengenali video Anda tentang apa. Dengan tags, video Anda kemungkinan akan muncul di Suggestion Video dari video youtube yang sudah tenar.

Dengan logika seperti ini, banyak yang menyangka bahwa menggunakan tags sebanyak-banyaknya pada video Youtube akan membuat video kita kemungkinan besar memiliki banyak viewers juga.

Ternyata logika ini kurang tepat.

Anda dapat gunakan teknik TAB yang dikembangkan oleh Brian Dean berdasarkan riset yang ia lakukan.

  • T = Target Keyword
    Gunakan keyword yang Anda incar sebagai tag Anda sebelum menggunakan tag yang lain. Seperti halnya judul, Youtube akan mengidentifikasi tentang apa video yang Anda posting di tags pertama dari video Anda.

    Jadi jika kaya kunci yang Anda incar adalah “bisnis internet”, maka tags yang Anda gunakan pertama kali haruslah “bisnis internet”.
  • A = Alternative Keywords
    Maksudnya adalah, gunakan kata kunci turunan sebagai tags dari kata kunci utama yang ingin Anda ranking.

    Misalnya dari kata kunci “bisnis internet” menjadi “bisnis internet tanpa modal” atau “bisnis internet mudah”. Gunakan 2 sampai 3 tags saja untuk ini. Anda bisa mendapatkan mendapatkan kata kunci turunan ini dari Youtube Search suggest.
  • B = Broad Keywords.
    Gunakan jenis keyword yang lebih luas ini sebagai tags yang terakhir. Broad keywords adalah niche dari video Anda. Misal kata kunci “bisnis internet” bisa Anda perluas menjadi “internet marketing”.
gunakan youtube searhc suggestion sebagai tags alternative

4. CTR Magnet Thumbnails

Saat Anda berselancar di platform Youtube, Youtube akan memberikan Anda opsi-opsi banyak video berdasarkan algoritma mereka terhadap Anda.

Jika Anda mengklik suatu video dan menontonnya, Youtube akan merecord hal ini.

Nah, perbandingan antara orang benar-benar menonton video yang disarankan Youtube dengan yang hanya melihatnya di halaman home Youtube, inilah CTR (click through rate).

Semakin besar CTR suatu video maka semakin besar pula kemungkinan video Anda diranking oleh Youtube.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan CTR video? Dengan Thumbnails tentunya.

Pertama, Gunakan warna dasar thumbnail Anda yang berbeda dengan warna dasar dari yotube itu sendiri. Warna dominan Youtube adalah: merah, putih dan hitam.

Karena itu, gunakan warna selain dari warna tersebut diatas. Anda dapat gunakan warna-warna sesuai dengan tujuan dari video tersebut dengan memanfaatkan psikologi warna.

Saat Anda sudah memutuskan untuk menggunakan suatu warna, maka jadikan warna tersebut sebagai warna dominan thumbnails Anda.

Brian Dean menggunakan warna hijau untuk thumbnail-nya, sehingga ia selalu menggunakan warna tersebut sebagai warna dominan hampir diseluruh videonya.

Kedua, Big-Bold-Text. Yaitu text dengan font yang mudah dibaca dan format Bold. Hal ini agar orang yang melihat thumbnail video Anda akan langsung mudah menangkap maksud dari video.

5. Deskripsi Video

Manfaatkan kolom deskripsi video youtube Anda secara maksimal. Isi seperti Anda sedang membuat mini artikel.

Gunakan minimal 100 karakter. Ceritakan secara singkat tentang apa video Anda selayaknya sinopsis film. Hal ini akan membantu youtube mengidentifikasi dan mengkategorikan video Anda.

Selain itu, para audiens Anda akan tahu sekilas mengenai video Anda namun tidak secara spesifik sehingga mengharuskan mereka untuk tetap menontonnya.

Satu hal lagi yang penting, sisipkan kata kunci di deskripsi. Seperti pada saat mengisi meta description artikel, video Youtube pun butuh kata kunci di kolom deskripsi.

6. Durasi Video

Perpanjang durasi setiap video Anda. Dalam risetnya, Brian Dean menemukan ternyata video dengan durasi yang lebih lama akan mengalahkan rank dari video yang memiliki durasi lebih cepat di satu kata kunci yang sama.

Secara rata-rata, video yang tampil sebagai rank 1 di mesin pencari Youtube memiliki durasi kurang lebih 14 menit. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini disebabkan karena algoritma Youtube akan memprioritaskan video yang bisa menyebabkan audiens untuk berlama-lama di platformnya.

Logikanya, video dengan durasi lebih lama akan membuat pengguna Youtube juga berlama-lama untuk tidak menutup aplikasi Youtube. Simpel kan?

Kesimpulannya, agar video Youtube Anda memiliki kemungkinan ranking lebih tinggi, buatlah konten video dengan durasi 8-10menit.

7. Gunakan Tanda Kurung di Judul Video Anda.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, semakin besar CTR maka semakin besar pula kesempatan suatu video untuk mendapatkan ranking pertama di hasil pencarian youtube.

Brian Dean mengungkapkan bahwa, judul yang memiliki tanda kurung dijudulnya akan menimbulkan rasa penasaran lebih besar dibandingkan judul tanpa tanda kurung.

Yang hal ini akan memperbesar angka CTR video. Bahkan, katanya lagi, tanda kurung dapat meningkatkan hingga 38% kemungkinan video untuk diklik dan ditonton.

Sebagai contoh, daripada menggunakan judul seperti ini: “tips meningkatkan penjualan” lebih baik menggunakan judul seperti ini: “tips meningkatkan penjualan (terbaru 2019)”

8. Targetkan Agar Ranking Juga di Suggested Video

Tahukan Anda bahwa sumber trafik 40% nya berasal dari suggested video. Apa itu suggested video?

Suggested video atau dalam bahasa indonesianya video yang disarankan adalah list video yang tampil dibagian bawah video yang sedang Anda tonton pada versi handphone atau sebelah kanan layar pada versi PC.

Lalu bagaimana caranya tampil di posisi pertama suggested video?

Pertama. Riset video-video yang memiliki views untuk suatu kata kunci tertentu. Gunakan youtube search dan lihat hasilnya. Tontonlah konten dari video mereka.

Kedua. Buat video yang mengcover lebih banyak dibandingkan video mereka. Panjangkan durasi video Anda setidaknya lebih panjang dari durasi video kompetitor Anda.

Ketiga. Gunakan tags yang mirip dengan tags video tersebut dengan, tentunya, mengacu pada teknik front loading diatas. Gunakan chrome extension seperti VidIQ untuk melihat tags suatu video dan mengcopy-nya.

Keempat. Isi deskripsi video Anda dengan mengincar kata kunci yang sama dengan kata kunci mereka. Lakukan tips no 5 dalam mengisi deskripsi video Anda.

9. Mengubah Keledai Menjadi Unicorn.

Baik seorang Youtuber pemula maupun Youtuber kawakan, pasti memiliki video mereka yang performanya baik dan video dengan performa buruk.

Masuklah ke youtube studio Anda kemudian lihatlah analytics dari video yang memiliki performa terbaik.

Lihatlah didetik keberapa video Anda mempunyai performa peaknya.

Kemudian lihatlah konten video Anda tersebut. Mengapa retensi meningkat? Apakah ada joke? ada bentuk pertanyaan? atau apapun yang membuat audiens lebih memperhatikan video Anda.

Copy polanya divideo Anda berikutnya. Polanya, bukan kontennya. Karena jika Anda memiliki konten yang sama berulang-ulang diberbagai video, audiens pun akan bosan.

Demikian 9 tips mengoptimasikan SEO video Youtube Anda dari Brian Dean.

Lalu,
Tips mana yang sudah Anda praktekkan dan berhasil?
Tips mana yang ingin Anda praktekkan langsung?


belajar sosial media marketing di jakarta

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

GRATIS WEBINAR!!

DAN tutorial internet marketing selama 3 tahun