Mau Video Facebook Ads Dikirim Langsung Ke Email Kamu?

update algoritma pencarian google terbaru

Site Diversity: Update Altgoritma Pencarian Google Terbaru

Update Algotima Pencarian Google Terbaru – Google’s Search Liaison mengumumkan sebuah perubahan yang akan mengurangi website yang sama dalam sebuah hasil pencarian di Google. Artinya, tidak akan ada lebih dari dua website yang sama dalam satu pencarian Google.

Walaupun hal ini tidak mengubah cara Google me-ranking suatu website, namun hal ini merupakan kabar yang sangat baik bagi para internet marketer pemula. Mengapa?

Dengan adanya algoritma terbaru ini, yang disebut “Site Diversity Change”, maka website suatu marketplace tidak akan memenuhi halaman pertama dalam satu buying keyword seperti sebelumnya.

Artikel menarik lainnya: Cara riset kata kunci dengan tools gratis

Yang Perlu Diperhatikan Dalam “Site Diversity Change”

1. Bukan Bagian Dari June2019 Broad Core Update
Walaupun perubahan algoritma ini diluncurkan hampir bersamaan dengan June 2019 Broad Core Update, namun Site Diversity Change bukan bagian dari Core Update ini

2. Bukan Sebuah Update – Namun Sebuah Perubahan
Danny Sullivan, seorang author di searcengineland.com, menyatakan opini bahwa ini merupakan sebuah perubahan dan bukan update algoritma karena tidak berhubungan dengan cara bagaimana Google me-ranking website dalam suatu kata kunci.

Sebagian orang memiliki definisi kata “update” yang luas. Bagi orang-orang ini, jika satu hal mengubah cara hasil pencarian Google ditampilkan, maka hal tersebut dikatakan sebuah “update”.

Lalu Apakah Ini Sebuah Update Atau Bukan?
Tergantung dari definisi “update” yang Anda yakini. Saya yakin Danny Sullivan memiliki alasan yang cukup logis mengatakan bahwa hal ini bukanlah sebuah “update” namun sebuah “perubahan”.

3. “Site Diversity Change” Tidak Secara Keseluruhan Mengubah Hasil Pencarian
Perubahan ini tidak merubah semua hasil pencarian Google. Beberapa hasil pencarian akan memiliki lebih dari dua website yang sama dalam satu halaman pencarian jika menurut Google hal tersebut masih relevan.

4. Subdomain Akan Diperlakukan Sebagai Bagian dari Website.

Subdomain akan menjadi bagian dari domain utama. Namun hal ini tidak selalu.

Berikut Isi Tweet Asli Dari Google SearchLiaison:

update altgoritma pencarian google terbaru

Apa Itu Site Diversity Change

Pernahkah Anda melakukan pencarian di Google untuk suatu kata kunci dan mendapatkan hasil pencarian dari website yang sama di satu halaman?

Dan bagaimana hal ini dapat menguntungkan Anda?

Nah, perubahan yang disebut Site Diversity Change ini adalah membatasi website tersebut untuk muncul lebih dari dua kali dari hasil pencarian Anda.

Sebagai contoh, dibawah ini merupakan hasil pencarian saya untuk kata kunci “jual baju muslim”

update altgoritma pencarian google terbaru

Dalam hasil pencarian di halaman pertama, hanya ada dua Zalora. Sisanya marketplace yang lainnya.

Nah, jika Anda dapat meriset buying keyword seperti ini, maka hasil pencarian Google untuk website-website marketplace tidak akan ditampilkan lebih dari dua kali di hasil pencariannya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Riset Kata Kunci Gratis Dengan Tools Kata Kunci Gratis


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

GRATIS WEBINAR!!

DAN tutorial internet marketing selama 3 tahun